Minggu, 03 Agustus 2008

Tugas No. 1

PENGERTIAN INTERNET dan INTRANET

Sebenarnya kata internet sudah tak asing lagi bagi kita pastinya, tapi sebenarnya apakah internet itu? Itulah salah satu pertanyaan yang saya dapat dari Pak Abi as guru komputer saya. Nah disinilah saya akan mencoba menjawabnya.....

Internet berasal dari kata Interconnection Networking yang mempunyai arti hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit dan lainnya. Jadi yang dimaksud dengan Internet adalah berbagai jaringan komputer di seluruh dunia yang saling terhubung tanpa mengenal batas teritorial, hukum dan budaya. Secara fisik dianalogikan sebagai jaring laba-laba (The Web) yang menyelimuti bola dunia dan terdiri dari titik-titik (node) yang saling berhubungan.

Sedangkan yang di bawah ini adalah pengertian dari Intranet,
Intranet merupakan konsep LAN yang mengadopsi teknologi Internet dan mulai diperkenalkan pada akhir tahun 1995. Khoe Yao Tung (1997) mengatakan Intranet adalah LAN yang menggunakan standar komunikasi dan segala fasilitas Internet, diibaratkan berInternet dalam lingkungan lokal. umumnya juga terkoneksi ke Internet sehingga memungkinkan pertukaran informasi dan data dengan jaringan Intranet lainnya (Internetworking) melalui backbone Internet. Sedangkan dari sumber lainnya mengatakan bahwa Intranet adalah sebuah jaringan privat yang menggunakan protokol-protokol Internet (TCP/IP) untuk membagi informasi.

0 komentar:


Blogspot Template by Isnaini Dot Com Powered by Blogger and Local Jobs